Karunia Hidup Kekal  Dari Allah (1 Yohanes 5: 9-13)

Renungan Minggu, 16 Mei 2021

KARUNIA HIDUP KEKAL DARI ALLAH (1 Yohanes 5: 9-13)

“Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.”
(1 Yohanes 5: 11)

 

oleh : Pdt. Simon Rachmadi, Ph.D.

Karunia Hidup Kekal Dari Allah

Rasul Yohanes sedang menggambarkan iman Kristen dalam mengalahkan dunia, dasar yang diandalkannya dalam berpegang pada Yesus Kristus, secara luhur sejumlah saksi dan kesaksian yang mendukung kebenaran Tuhan Yesus dan keilahian ketetapan-Nya.
Di sini ada ringkasan atau rangkuman yang sangat bagus tentang alasan-alasan untuk beriman kepada Kristus, tentang surat mandat yang dibawa Sang Juruselamat bersama-Nya, dan tentang bukti-bukti dari Kekristenan.
Seperti (khususnya) bunyi Nats kita kali ini: β€œDan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.”
Rasul Yohanes, setelah memberi tahu kita bahwa Roh yang memberi kesaksian kepada Kristus adalah kebenaran, menunjukkan kepada kita bahwa Roh itu kebenaran, dengan meyakinkan kita bahwa Dia ada di sorga, dan bahwa ada juga yang lain yang tidak bisa tidak pasti benar, atau kebenaran itu sendiri, yang dalam kesaksian sepakat dengan-Nya.
Dengan perspektif Tri Tunggal Allah Yang Tunggal, saksi ketiga adalah Roh Kudus, sebuah nama yang agung dan terhormat, Sang Pemilik, Yang Empunya, dan Pencipta kekudusan.
Pasti benar dan setia Dia yang kepada-Nya Roh kekudusan memberikan meterai-Nya dan kesaksian-Nya yang khidmat. Demikianlah yang dilakukan-Nya kepada Tuhan Yesus, Sang Kepala umat Kristen.
Dan itu dalam contoh-contoh sebagai berikut:
Pertama, dalam dikandungnya kodrat manusia-Nya secara ajaib tanpa dosa dalam rahim sang perawan. Roh Kudus akan turun atasmu (Luk. 1:35, dst.).
Kedua, dalam turunnya Roh Kudus secara kasat mata ke atas Kristus pada saat pembaptisan-Nya. Turunlah Roh Kudus dalam rupa (Luk. 3:22, dst.).
Ketiga, dalam penaklukan yang penuh kemenangan atas roh-roh neraka dan kegelapan. Jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu (Mat. 12:28).
Keempat, dalam turunnya Dia secara kasat mata dan penuh kuasa atas para rasul, untuk melengkapi mereka dengan karunia dan kuasa untuk memberitakan Kristus dan Injil-Nya ke seluruh dunia setelah Dia sendiri naik ke sorga untuk menyediakan tempat bagi ibu, bapak dan saudara-saudari: Hidup kekal abadi di Sorga.
Terlebih menyadari betapa lebih beratnya perjuangan anak-anak Allah, kita umat jemaat-Nya di tengah dunia sekarang ini.
Mari bisa setia bertahan dalam pandemi yang berat dan masih berlangsung, terus taat membagikan Kasih dan Cinta Allah bagi sesama manusia (suku, ras, bangsa dan bahkan agama apapun) di manapun dan di berbagai arus tantangan zaman dunia yang akan semakin deras dan gencar.
Sesungguhnya ini bukan pilihan tetapi konsekuensi anak-anak Allah yang memang rindu mempertahankan imannya dan jaminan kepastian kemenangan sudah disediakan bagi yang mau setia melakukan perintah-perintah-Nya.
Jangan kendor, apalagi hingga menyerah kalah sebelum perjuangan ini selesai, Tuhan sudah – sedang – dan akan selalu menyertai memberkati kita dengan Karunia Hidup Kekal dari Allah.
.

Amin.

Media: GKJ-N/No.20/05/2021

Oleh: Pdt. Lusindo YL Tobing, M.Th.

Share