Kedatangan-Nya Memurnikan Hidup Orang-orang Percaya (Maleakhi 3: 1-5)

Renungan Minggu, 5 Desember 2021

KEDATANGAN-NYA MEMURNIKAN HIDUP ORANG-ORANG PERCAYA (Maleakhi 3: 1-5)

“Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN.”
(Maleakhi 3: 3)

 

oleh : Pdt. Lusindo YL Tobing, M.Th.

Kedatangan-Nya Memurnikan Hidup Orang-orang Percaya

Selamat memasuki Desember 2021.
Selamat Minggu Adven ke-2, kepada ibu, bapak, sahabat muda-mudi, remaja dan adik-adik semua. Apa kabar?
Pandemi akibat Covid-19 belum juga usai, bahkan belum pulih keadaan di setiap negara,kini muncul lagi varian baru: Omicron. Apakah Tuhan masih berpihak dan mengasihi kita?
Jawabannya: Ya, Tuhan tidak pernah meninggalkan dan membiarkan kita. Dia adlah Allah Alpha – Omega.
Bahkan Dia adalah Tuhan yang selalu datang, baik dalam perspektif Natalis (Hari Natal), dan kini kita telah memasuki Masa Adventus. Juga perspektif kedatangan Tuhan Yesus Kristus untuk kedua kali. Dia Tuhan yang selalu datang.

1. Kedatangan-Nya
Maleakhi ketika menegur keberdosaan umat Tuhan adalah mereka tidak merasa bermasalah dengan dosa mereka, sebab Tuhan tidak bertindak apa-apa.
Kata mereka, “Di manakah Allah yang menghukum?”. Sikap menantang ini langsung dijawab: “Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya Ia datang, firman Tuhan semesta alam” (baca lagi dan maknai ayat 1).

Tuhan sudah mengutus para nabi-Nya, termasuk Maleakhi untuk menegur dosa-dosa umat-Nya agar mereka bertobat. Namun, umat Tuhan berulang kali, sejak permulaan bangsa Israel berdiri sampai saat ini telah menolak pemberitaan para utusan Allah tersebut.
Oleh karena itu, kedatangan Tuhan akan menjadi kejutan besar dalam hidup mereka. ia datang seperti sinar terang yang besar dan kuat, tiada habisnya, Tuhan -Sang Terang Sejati- itu akan datang menerangi dan menyucikan kehidupan umat yang sudah bobrok oleh dosa, tidak seorang pun akan luput dari pemurnian ini.

2.Memurnikan Hidup

Pemurnian ini akan berlangsung dengan menyakitkan, yakni Tuhan akan bertindak seperti tukang pemurni emas yang memurnikan logam-logam seperti emas dan perak dengan panas yang tinggi agar segala kotoran yang melekat akan hilang dan lebur.
Dia bertindak seperti penatu yang menggelontorkan semua noda yang melekat pada kain dengan sabun (pantul refleksikan ayat 2-3).
Dengan tindakan penghakiman yang begitu keras dan tegas, umat Allah akan dibersihkan dari para pendosa keji yang selama ini merajalela memangsa sesamanya yang lebih lemah.

Nats kita di Minggu Adven ke-2 ini, adalah: β€œIa akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN.” (Maleakhi 3:3).
Mari ibu, bapak dan teman muda-mudi persembahkan hidupmu menjadi terang dan garam dunia, semua itu keluar menjadi berkat dari Tuhan bagi banyak orang.
Terang seperti emas dan perak, teramat senang sukacita ketika bisa berbagi dan peduli. Baik kepada tetangga lingkungan dan semakin luas besar untuk setiap kita mensyukuri kedatangan Tuhan dan tetap dipakai Tuhan membagikan terang cahaya kebahagiaan bagi banyak orang di tengah pandemi kini.

TUHAN yang akan datang itu sekarang digambarkan seperti Pelebur, yang akan menjalankan proses pemurnian. Mentahirkan orang Lewi. Keimaman sendiri akan menjadi obyek pertama dari tindakan Sang Pemurni logam. Menyucikan, yaitu “menyaring.” Apa yang berharga akan dapat bertahan dalam proses penyaringan. Supaya mereka mempersembahkan kurban yang benar.
Dalam proses pemurnian, beberapa imam akan keluar dengan hati yang murni, supaya penyembahan mereka akan dapat diterima di hadapan TUHAN.

Ya, kedatangan Tuhan adalah keajaiban berisi penuh Terang dan Kasih. Kedatangan yang memurnikan. Memurnikan hidup setiap kita yang percaya kepada-Nya.
Mari dimurnikan dan menjadi semakin terang dalam hidup kehidupan. Mari semakin dimurnikan untuk membagikan terang bahagia, semangat dan ucapan syukur selalu, kepada keluarga, teman, tetangga lingkungan, bagi semua orang dan kehidupan.

Sekali lagi..:

Selamat memasuki Desember 2021.

Selamat Minggu Adven ke-2, kepada ibu, bapak, sahabat muda-mudi, remaja dan adik-adik semua.

Amin.

Media: GKJ-N/No.49/12/2021

Oleh: Pdt. Lusindo YL Tobing, M.Th.

Share