YESUS Memecah-mecahkan Roti Bagi Kita (Markus 6: 35-44)

Renungan Minggu, 18 Juli 2021

YESUS MEMECAH-MECAHKAN ROTI BAGI KITA (Markus 6: 35-44)

“Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka.”
(Markus 6: 41)

 

oleh : Pdt. Lusindo YL Tobing, M.Th.

YESUS Memecah-mecahkan Roti Bagi Kita

Seperti Nats kita menyambut Minggu Sakramen Perjamuan Kudus ini, berbunyi demikian, β€œDan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka.” (Markus 6:41). Sangat menarik di ayat ini adalah kata kerja mengambil, menengadah, mengucap berkat, dan memecah-mecahkanseluruhnya dalam bentuk waktu aoris dalam bahasa Yunani, yang berarti tindakan langsung.

Tetapi kata kerja memberikan memakai bentuk waktu imperfect, yang sebaliknya menunjukkan bahwa Dia terus-menerus memberi kepada murid-murid-Nya untuk dibagikan. Pada saat inilah terjadi mukjizat pelipatgandaan makanan yang tersedia.

Mari kini, kita yang sudah dijamu oleh Tuhan dalam Kasih Karunia-Nya yang besar, tiap hari berkat-berkat-Nya, hingga kepada Kasih yang paling tinggi yakni: Keselamatan yang diberikan Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus yang tertumpah darah dan terpecah tubuhnya di kayu salib, untuk menebus dosa-dosa yang tidak bisa kita tanggung. Dan kita dipastikan selamat, juga kemudian layak menjalani hidup untuk: Menyajikan jamuan kepada keluarga dan tetangga hingga kepada semua orang, dalam bentuk menghidangkan Kasih yang peduli dan berbagi, terus-menerus, khususnya di tengah pandemi yang berat sekarang ini.

Selamat menerima Roti dan Anggur, ibu, bapa, saudara dan saudari umat jemaat Selamat semeja Perjamuan Kudus dengan Tuhan.

Amin.

Media: GKJ-N/No.29/07/2021

Oleh: Pdt. Lusindo YL Tobing, M.Th.

Share